Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Menikmati Kalangkala Tiada Tara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalangkala merupakan buah endemik pulau Kalimantan sehingga wajar jika buah yang dagingnya mirip alpukat ini digemari warga Kalimantan. Harga buah Kalangkala juga terbilang murah, hanya Rp5.000 per piring.

Sayangnya buah lokal ini sudah sangat langka dan jarang bisa ditemui di kawasan perkotaan seperti di Palangka Raya ini. Borneonews.co.id sudah pernah menulis tentang cara mengolah kalangkala ini. Berikut linknya https://www.borneonews.co.id/berita/85819-resep-manjaruk-kalangkala-buah-khas-kalimantan tapi jika ingin menikmati kalangkala dengan kenikmatan tertinggi berikut borneonews berikan olahannya.

Bahan:

- Kalangkala yang sudah dijaruk

- Tahu atau ayam yang telah digoreng

- Tumbuk daun singkong

Cara mengolah:

Siapkan nasi panas dan tuangkan kuah tumbuk daun singkong ke atas nasi. Kalangkala yang telah dijaruk harus dipisahkan dari airnya dan diletakkan di atas nasi yang masih panas.

Di dalam daging kalangkala ada bagian biji yang tidak bisa dimakan tapi usahakan jangan memisahkan biji dan daging kalangkala sebelum akan memakannya. Akan lebih nikmat jika dipisahkan di dalam mulut seperti memakan rambutan namun bijinya tetap dibuang.

Perpaduan antara tumbukan daun singkong dan kalangkala inilah yang menjadi perpaduan ternikmat. Ditambah ayam goreng atau tahu goreng yang sederhana akan menambah kenikmatan kalangkala.

Tanpa sambal, kalangkala ini sudah nikmat karena saat proses menjaruk sudah dicampurkan dengan garam, cabe dan lain-lain. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru