Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Seluruh Desa di Kabupaten Kapuas Sudah Terapkan Siskeudes

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 29 Juni 2018 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tahun 2018 ini seluruh desa yang ada di Kabupaten Kapuas sudah menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Siskeudes diterapkan secara bertahap sejak 2016 lalu.

"Kita dalam menerapkan aplikasi itu dilakukan bertahap, karena jumlah orang yang mengikuti penyuluhan Siskeudes terbatas. Dalam penerapannya, kami tidak bisa memberikan materi hanya dalam kurun waktu satu hari saja sehingga perlu dilakukan penyuluhan minimal selama satu minggu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Ibak, Jumat (29/6/2018).

Tujuan dilakukan penyuluhan bertahap itu agar materi yang disampaikan bisa diterima oleh perserta. Sehingga jumlah peserta dibagi agar mereka bisa menguasai materi yang diberikan.

Dalam penyuluhan itu, mereka dibagi menjadi tiga tahap. Setiap tahap ada yang enam kecamatan dan ada yang lima.

Mengenai kendala dalam penerapan siskeudes, lanjutnya, sudah pasti ada di setiap desa seperti jaringan internet. Namun menurut rencana Pemerintahan Kabupaten Kapuas, tahun depan setiap desa akan dipasang jaringan internet.

"Setelah mereka diberikan penyuluhan tinggal dari pihak desa saja yang perlu memantapkan lagi penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga dengan begitu desa bisa terbantu dalam mengelola keuangan desa," ucapnya. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru