Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Palangka Raya Dibina Kembangkan Kreativitas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Juli 2018 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya melakukan pembinaan terhadap ratusan warga binaan. 

Pembinaan bertajuk pelatihan menjadi warga binaan Rutan Palangka Raya (Warna Rupa) Kreatif itu mengusung tema, Kreativitas Tanpa Batas di Tempat Terbatas.

Kegiatan dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph, Kamis (12/7/2018). 

Hadir pada acara pembukaan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Anthonius Mathius Ayorbaba, dan Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri.

Fikri mengatakan, kegiatan pembinaan akan berlangsung hingga Selasa (2/10/2018). Tujuannya adalah menambah pengetahuan dan keterampilan warga binaan sebagai bekal ketika mereka selesai menjalani masa pidana.

Kemudian mewujudkan proses pembinaan kemandirian dan kepribadian serta menjalin hubungan kerjasama dengan masyarakat baik perorangan maupun kelompok. 

"Semua tentunya dalam rangka menciptakan suasana sosial kemasyarakatan yang baik untuk proses kembalinya warna rupa di tengah-tengah masyarakat. Dengan harapan setelah selesai menjalani masa pidana, mereka bisa memiliki usaha sendiri," kata Fikri 

Bentuk pelatihan tersebut terdiri atas pelatihan teknisi AC (21 orang), pelatihan pertanian tanaman pekarangan (43 orang), pelatihan ternak lele (28 orang), dan pelatihan kerajinan hantaran pernikahan (48 orang). 

Khusus kerajinan hantaran pernikahan itu diikuti warga binaan dari blok perempuan. 

Selain itu, di blok perempuan juga ada pelatihan lain seperti kerajinan dari pita dan sabun, mengolah jahe menjadi serbuk minuman kesehatan, serta pelatihan tata rias kecantikan. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru