Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Belum Berpengaruh pada Harga Bahan Bangunan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 September 2018 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) saat ini belum berdampak signifikan terhadap harga bahan bangunan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Kalau dampak dari melemahnya nilai tukar rupiah belum ada. Karena harga masih standar seperti biasanya, hanya semen saja yang naik cukup signifikan," ujar Samsul Bahri, salah seorang pemilik toko bangunan di Jalan Tjilik Riwut, Jumat (7/9/2018).

Dirinya menerangkan, kenaikan harga semen bukan karena kurs rupiah terhadap dolar melemah. Namun kemungkinan besar karena ombak di Pulau Jawa cukup tinggi sehingga pengiriman ke daerah ini terhambat.

Sedangkan harga bahan bangunan lainnya masih sama seperti sebelumnya, karena bahan yang ada juga masih ada sisa stok beberapa pekan lalu. Sedangkan melemahnya rupiah baru terjadi dalam beberapa hari terakhir saja.

"Untuk sementara belum berpengaruh, namun tidak tahu ke depannya," kata Samsul.

Walaupun begitu, dirinya tetap berharap agar harga bahan bangunan ini tidak alami kenaikan yang cukup signifikan, akibat faktor tersebut. Karena hal itu tentunya akan dikeluhkan oleh masyarakat yang membeli bahan bangunan di tokonya. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru