Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Respons Cepat Terkait Tanaman Pisang Petani Terserang Hama

  • 02 November 2018 - 10:44 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan merespons cepat keluhan warga Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, yang tanaman pisang mereka terserang hama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan Sugian Noor mengungkapkan, dirinya telah mengintruksikan jajarannya turun ke lapangan mencari tahu penyebab rusaknya tanaman pisang warga, khususnya yang dibudidayakan di Desa Bangun Harja Trans Unit 2.

"Kita mendapat keluhan warga terkait rusaknya tanaman dan kita langsung melakukan pengambilan sampel di lokasi tersebut. Sampel langsung kita bawa ke laboratorium untuk mencari tahu penyebabnya dan mencarikan solusinya," ucap Sugian, Jumat (2/11/2018).

Pemeriksaan laboratorium diperlukan mengingat ada kemungkinan hama tersebut menyebar luas.

Sugian menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium diketahui penyebab kerusakan tanaman pisang di Desa Bangun Harja dikarenakan oleh serangan bakteri yang berasal dari tanah.

"Saat ini hal yang dilakukan warga sudah tepat dengan cara bertanam palawija. Mengingat untuk penangan kasus ini dibutuhkan peremajaan yang memerlukan waktu lumayan lama" tuturnya. (FARIZAN/B-3)

Berita Terbaru