Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Harga Bahan Bangunan Turun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Mei 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kotawaringin Barat melakukan sidak ke pasar di Pangkalan Bun. Salah satu hasilnya, ditemukan harga bahan baku bangunan yang turun.

Kabid Perdagangan Disperindag Kobar, Eko Lusino menjelaskan penyebab turunnya harga bahan bangunan tersebut. Yakni karena permintaan barang menurun.

"Turunnya harga karena permintaan kurang. Tapi, biasanya setelah proyek pemerintahan jalan, harga kembali naik," kata dia, Sabtu, 11 Mei 2019.

Berikut data hasil survei pasar yang di dapat tim Borneonews dari disperindag kobar. Sidak pasar dilakukan di tiga pasar utama di Pangkalan Bun, yaitu Pasar Palagan Sari, Tembaga Indah dan Pasar Indra Sari pada Kamis, 9 Mei 2019 lalu.

Adapun bahan baku bangunan yang mengalami penurunan meliputi, bahan ringan ukuran 0,65 mm dari harga Rp 78.700 rupiah turun menjadi Rp 69 ribu per batang, baja ringan ukuran 0,75 mm dari Rp 89.200 ribu menjadi Rp 80 ribu per batang.

Besi 6 mm dari harga Rp 35 ribu menjadi Rp 28 ribu per batang. Besi 8 mm dari Rp 48 ribu menjadi Rp 45 ribu per batang. Besi 10 mm dari Rp 75 ribu menjadi Rp 69 ribu per batang. 

Sidak pasar akan terus dilakukan, sebagai bentuk perpanjangan tangan dari pemerintah untuk menjaga harga dan ketersediaan barang, sehingga terjangkau masyarakat.

"Kami akan terus lakukan monitoring ketersediaan barang dan harga," pungkasnya .(DANANG/B-11)

Berita Terbaru