Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

62 KK Warga Desa Palu Rejo Dapat Bantuan WC Gratis

  • Oleh Uriutu
  • 23 Juni 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemerintah Desa Palu Rejo menganggarkan Rp 74 juta dari dana desa (DD) untuk pembangunan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Program ini sebagai upaya untuk menjadikan desa bebas BAB sembarangan.

Pj Kades Palu Rejo, Gemagalgani Sani bertekad agar menjadikan desanya bebas BAB sembarang dengan menganggarkan Rp 74 juta untuk pembuatan WC gratis.

“Ada 62 kepala keluarga kita bantu untuk pembuatan WC,” kata Gemagalgani, Minggu, 23 Juni 2019. Pihaknya menyiapkan dana stimulan dari dana desa untuk membantu masyarakat membangun WC.

Tahun ini pihaknya hanya bisa membantu 62 warga dengan nilai Rp 1.197.000 per KK. Padahal ada sekitar 120 rumah di Desa Palu Rejo yang tersebar di 21 RT belum memiliki WC.

Untuk itu pihaknya barharap bantuan dari pihak ke 3 agar 100 persen warga memiliki WC. "Sebanyak 62 warga yang mendapatkan bantuan sifatnya stimulan untuk membangun WC seperti kloset, semen, pipa, pasir dan gorong - gorong dengan syarat warga sudah menyiapkan galian lubang," jelasnya.

Pengelola Program Kesling Puskesmas Patas, Widayanti mengatakan sesuai programnya dalam memfasilitasi seluruh desa di wilayah Kerja Puskesmas Patas untuk Basno.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan Pemdes Desa Palu Rejo dan berharap agar Desa Palu Rejo bisa segera deklarasi bebas BAB Sembarangan,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru