Bayi Dibuang Sudah Dapatkan Calon Orangtua Angkat 

  • Oleh Syahriansyah
  • 20 September 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bayi malang yang dibuang oleh orangtua kandungnya di semak belukar di Puruk Cahu pada 14 Juni 2019 lalu akhirnya sudah dapatkan calon orangtua angkat yang akan mengasuhnya secara resmi.

Sebelum dilakukan penjaringan calon orangtua angkat, bayi laki-laki ini sempat dirawat Polsek Murung Raya (Mura) selama 3 bulan 10 hari selama masa penyelidikan berlansung untuk mengetahui pelaku pembuangnya. 

Setelah belum ditemukannya orangtua kandung bayi ini kemudian diserahkan ke Dinas Sosial Mura untuk menentukan siapa yang berhak mengadopsi anak tersebut berdasarkan ketentuan hukum dan persyaratan yang berlaku. 

Kepala Dinas Sosial Mura  Rusine mengatakan, ada 11 berkas yang mengajukan mengadopsi bayi tersebut. Namun setelah diseleksi berkas serta wawancara dan pemantauan calon orangtua angkat maka Dinsos menetapkan Yustinus dan Totiana sebagai orangtua angka yang layak mengadopsi bayi itu. 

"Pasangan Yustinus dan Totiana merupakan calon orangtua angkat dari bayi laki-laki ini yang paling lengkap persyaratan diajukan ke Dinas Sosial Mura," tuturnya, Jumat, 20 September 2019.

Ia juga mengatakan, pihaknya melalui Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA) akan terus memantau calon orangtua angkat yang telah menerima bayi tersebut selama 6 bulan hingga ditetapkannya secara sah oleh persidangan. (RIANSYAH/B-5) 

Berita Terbaru