Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kobar Minta Tidak Berlebihan Terkait Virus Corona, Hadapi dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Maret 2020 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois meminta warga tidak berlebihan dan panik adanya informasi virus corona, hadapi dengan mencegah Covid-19 melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Karena asanya Corona jangan ketakutan berlebihan dan panik, ini adalah pesan pertama dari presiden Jokowi dan mentri kesehatan," ujar Ahmad Rois, Senin, 9 Maret 2020.

Ia mengajak masyarakat tidak boleh dan ketakutan berlebih. Dicontohkannya, beberapa wilayah diluar negeri, saking paniknya melihat ada warga Cina datang di aniaya, dengan alasan ini yang membawa virus corona.

Kemudian diperkeruh dengan mahalanya harga masker. Biasanya masker cuman Rp 8 ribu sekarang jadi Rp 30 ribu lebih. Biasanya satu dos atau boks harganya Rp 38 - 40 ribu, sekarang jadi Rp 250 ribu.

"Hal semacam itu tidak perlu kita lakukan, Itu sangat berlebihan, padahal kita cukup menjaga pola hidup sehat dan menjaga kesehata tubuh," ungkapnya.


Perliaku hidup bersih dan sehat dapat dilakukan sebagai berikut, rajin mencuci tangan pakai sabun, makan dengan gizi yang seimbang, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan.

Sebab virus corona ini ditularkan dari percikan bersin atau batuk, jika batuk atau ada masyarakat yang batuk supaya batuk yang beretika. Kalau punya masker pakai masker, kalau tidak punya ditutup batuknya, kalau tidak punya tutup sembunyikan bawah ketiak.

"Corona bukan hanya masalah urusan takdir, bukan masalah ketentuan dari tuhan semata, tetapi urusan sakit adalah urusan prilaku, jika prilaku kita baik dan benar insha allah sehat kita dapatkan," tegasnya.

Pesan ataupun terkait corona, agar dapat sampai ke satu satunya masyarakat Kobar, agar semua sehat dan ibadah lancar, aktifitas ekonomi baik dan produktif sehingga punya SDM yang unggul. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru