Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Sukamara Terkendala APD Tangani Covid-19

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Maret 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kekurangan Alat Pelundung Diri (APD) menjadi kendala yang dihadapi petugas Puskesmas Sukamara dalam penanganan pencegahan Covid-19.  

"Untuk kendala yang kami hadapi saat ini adalah, kami harus turun kelapangan setiap hari, dan menyambut setiap pasien yang dicurigai ODP itu dengan APD yang dimiliki," kata Kepala UPTD Puskesmas Sukamara, Dr Anggasari, Selasa, 24 Maret 2020.

"Kami memerlukan alat pelindung diri, minimal hand sanitizer dan masker untuk kami," tuturnya.

Dr Angga menjelaskan, bahwa alat pelindung diri saat ini masih mencukupi apabila hanya digunakan untuk petugas kesehatan, dan warga yang sakit atau dicurigai terpapar Covid-19.

"Sementara untuk masyarakat yang masih sehat diharapkan untuk tidak menggunakan masker dan lebih baik mengisolasi diri di rumah, karena  di pusat dan di pabrik pembuatan masker tidak dapat," ujarnya.

"Permasalahan ini sudah kami laporkan kepada Dinas Kesehatan, dan Dinas Kesehatan sudah menganggarkan, tetapi karena kondisi pabrik maker tidak ada," ujarnya.

Dengan keterbatasan tersebut sehingga upaya pencegahan penyebaran corona oleh petugas kesehatan Puskesmas Sukamara tidak bisa berjalan dengan maksimal.

"Mohon maaf, kami bekerja dengan seadanya, masker dan hand sanitizer seadanya," imbuhnya.

Dr Anggasari harapkan masyarakat yang masuk dalam Orang Dengan Resiko (ODR) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) untuk  melakukan protokol isolasi mandiri untuk menghindari pencegahan penyebaran corona. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru