Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Tempuh Serangkaian Kebijakan untuk Memitigasi Penyebaran Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 April 2020 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa pemerintah provinsi Kalteng telah tempuh serangkaian kebijakan untuk memitigasi penyebaran Covid-19.

"Pemerintah Kalimantan Tengah telah menempuh serangkaian kebijakan yang sudah cukup baik untuk memitigasi penyebaran virus, seperti meliburkan sejumlah sekolah, menerapkan skema Bekerja dari Rumah, dan membatasi jam beroperasi sejumlah perdagangan," kata Rihando kepada Borneonews pada Jumat, 10 April 2020.

Meski demikian harus diakui menurut Rihando bahwa kebijakan-kebijakan ini tidak bisa tidak mempengaruhi perekonomian Kalteng secara keseluruhan.

"Perlambatan ekonomi merupakan konsekuensi logis dari merebaknya pandemi Covid-19. Namun upaya untuk mencegah penyebaran virus merupakan hal paling prioritas untuk memitigasi dampak ekonomi lanjutan yang dapat terjadi dari merebaknya pandemi ini," tuturnya.

Partisipasi aktif dan kerjasama dari masyarakat menurut Rihando adalah kunci dalam meredam dampak Covid-19 terhadap perekonomian Kalimantan Tengah.

"Bank Indonesia menempuh serangkaian kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah supaya efeknya tidak begitu besar setelah wabah ini berlalu," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru