Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Awang Lakukan Pengubinan Padi Gogo di Desa Janah Mansiwui

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 April 2020 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Memasuki masa panen pada musim tanam oktober-maret atau okmar, Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Awang melakukan  pengubinan padi lahan kering atau padi gogo di Desa Janah Mansiwui.

Pengubinan adalah teknik menghitung secara cepat dan sederhana untuk memprediksi hasil panen gabah per hektar di areal tersebut.

Kepala BPP Kecamatan Awang, Galura, menjelaskan hasil panen padi gogo di ladang milik anggota Kelompok Tani Petak Lahik maupun secara umum di Desa Janah Mansiwui lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Ini padi gogo varietas lokal biasa disebut manyahi, hasilnya sangat bagus 4,5 ton per hektare, serangan hama dan penyakit tahun ini juga kurang" ungkap Galura, usai kegiatan pengubinan di Desa Janah Mansiwui, Jumat 17 April 2020.

Dia menjelaskan, di Kecamatan Awang luas tanam padi gogo pada musim tanam okmar mencapai 300 hektare, sedangkan total luas tanam padi sawah maupun padi gogo di kecamatan tersebut mencapai 887 hektare.


"Sekalipun ada serangan serangan hama namun dengan bantuan penyuluh pertanian bisa diatasi dengan cepat sehingga petani padi sawah maupun lahan kering tidak ada yang gagal panen," papar Galaru.

Dia berharap pada musim tanam april-september atau asep, petani tetap mengerjakan lahannya untuk menjamin ketahanan pangan di Kecamatan Awang maupun Kabupaten Barito Timur secara keseluruhan.

"Pada musim tanam asep kita akan arahkan untuk tanam jagung, mudah-mudahan dengan pendampingan penyuluh, petani-petani kita tetap semangat," pungkas Galaru. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru