Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlambatan Ekonomi Jadi Konsekuensi Logis dari Merebaknya Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Mei 2020 - 08:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang mengatakan perlambatan ekonomi jadi konsekuensi yang logis dari merebaknya pandemi Covid-19.

"Namun upaya mencegah penyebaran virus merupakan hal paling prioritas untuk memitigasi dampak ekonomi lanjutan yang dapat terjadi dari merebaknya pandemi ini," katanya, Senin, 11 Mei 2020.

Perlambatan ekonomi ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan 4 tahun 2019 yang mencapai 6,02 persen, namun turun drastis saat wabah Covid-19 terjadi di Kalteng mulai awal tahun 2020.

"Sebelum wabah atau triwulan IV tahun 2019 kemarin pertumbuhan ekonomi Kalteng ada di angka 6,02 persen, kemudian saat wabah atau triwulan I tahun 2020 ini pertumbuhan ekonomi hanya 2,97 persen. Artinya terjadi perlambatan yang cukup signifikan," jelasnya.

Upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini telah diupayakan pemerintah, salah satunya dengan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang mulai diberlakukan hari ini.

"Partisipasi aktif dan kerjasama dari masyarakat menurutnya adalah kunci dalam meredam dampak Covid-19 terhadap perekonomian Kalimantan Tengah," tambahnya.

Melalui Peraturan Wali Kota atau Perwali Nomor 7 Tahun 2020, Pemerintah Kota Palangka Raya memberlakukan PSBB di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini.  (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru