Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Mulai Siapkan Langkah Pencegahan Karhutla

  • Oleh Uriutu
  • 11 Juni 2020 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah  BPBD Barito Selatan mulai siapkan langkah-langkah pencegahan menghadapi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.


Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya mengatakan, pihaknya mulai menyiapkan sarana prasarana, personil dan lain sebagainya untuk menghadapi dan mencegah karhutla.

“Kita telah melaksanakan simulasi dan saat ini mulai mempersiapkan langkah pencegahan menghadapi Karhutla, mulai dari peralatan, pemantapan Pusat data informasi, hingga personil,” kata Alip Suraya kepada Borneonews, Kamis, 11 Juni 2020.

Sementara untuk peralatan, sambung dia, lumayan lengkap dan saat ini mengerahkan personil serta bekerja sama dengan TNI-Polri, BMKG dan instansi terkait seperti DLH, Damkar, Tagana, Manggala Agni dan lain sebagainya.

“Kita akan terus berkoordinasi memantapkan barisan dalam rangka pencegahan karhutla, sehingga tidak menimbulkan dampak kabut asap,” beber dia.

Menurut dia, kondisi cuaca saat ini masing kering basah atau kadang-kadang hujan dan panas  untuk sementara semua wilayah masih aman terkendali.

Meski demikian, lanjut dia, tidak boleh lengah dan pihaknya juga telah mulai mempersiapkan langkah pencegahan karhutla.

Ia membeberkan, saat ini pihak Polisi telah gencar-gencar memasang spanduk imbauan larangan membakar hutan dan lahan di masing-masing  kecamatan.

“Kita berterimakasih kepada jajaran Kepolisian yang telah bergerak memasang spanduk imbauan larangan membakar hutan serta sanksi hukumnya bila ketahuan,” ucap dia.

Ia menambahkan, untuk sementara tetap bersiaga dimasing-masing instansi, karena status Karhutla belum ditetapkan. Penetapan tergantung sikon kemungkinan di Bulan Juli atau Agustus mendatang. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru