Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kata Bupati Bartim Terkait Tidak Hadiri Rapat Penyampaian Rekomendasi LKPj

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Juni 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito timur Ampera AY Mebas menyampaikan alasan ketidakhadiran dirinya dalam rapat paripurna istimewa DPRD Barito Timur dengan agenda penyampaian catatan dan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Bartim tahun 2019.

Menurut Ampera, dirinya dalam rapat tersebut tidak harus hadir, karena tidak ada aturan yang mengharuskan bupati untuk hadir pada rapat raripurna istimewa.

"Sebenarnya tidak harus memerlukan kuorum, terkait ketidakhadiran bisa saja karena Bupati dan Wakil Bupati di peraturan perundangan satu kesatuan. Kalau Bupati tidak hadir, kan bisa di wakilkan," kata Ampera, Selasa 16 juni 2020.

Dia melanjutkan, Bupati tidak harus memberikan surat atas ketidakhadirannya. Dirinya juga mengatakan bahwa tidak ada aturan dalam hal tersebut.

"Kalau ada aturan yang mengharuskan Bupati untuk hadir dalam rapat paripurna istimewa, biar dalam keadaan sakit saya pasti hadir. Yang saya tahu tidak diharuskan Bupati hadir untuk bahas LKPJ dan dimana aturannya," kata Ampera.

"Sebelumnya saya sudah meminta untuk dilakukan zoom meeting, mengingat masa Covid-19," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPRD Barito Timur, Nur Sulistio menunda rapat istimewa DPRD Barito Timur dengan agenda tersebut, Senin 15 Juni 2020, karena Bupati Barito Timur tidak hadir.

"Berhubung kepala daerah tidak hadir di tempat dan kawan-kawan tidak tahu alasannya, sehingga menimbulkan ketidakpuasan kawan-kawan yang disampaikan oleh Fraksi Partai Golkar, bahkan ada beberapa fraksi lain
yang juga ingin menunda sidang tadi," katanya usai menunda rapat paripurna.

Dengan tertundanya rapat paripurna istimewa, lanjut dia, pihaknya akan membuat jadwal ulang untuk kegiatan rapat paripurna tersebut. "Kita harap kepada Kepala daerah, yakni Bupati Barito Timur nantinya dapat berhadir langsung dan mengikuti rapat paripurna bersama-sama," kata Nur Sulistio. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru