Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Masyarakat Variasikan Makanan Pokok Melalui Diversifikasi Pangan

  • Oleh Ramadani
  • 20 Agustus 2020 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara akan melakukan diversifikasi pangan dengan tujuan untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja. 

Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Kamis 20 Agustus 2020 menjelaskan, diversifikasi konsumsi pangan diartikan sebagai pengurangan konsumsi beras yang dikompensasi oleh penambahan konsumsi bahan pangan non beras.

"Melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya," jelasnya.

Menurut Nadalsyah, langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan.

Nadalsyah menyampaikan itu pada video conference bersama Menteri Pertanian, Gubernur dan Bupati se-Indonesia melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting tentang gerakan diversifikasi pangan lokal tahun 2020, Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah, Endang Kusriatun mengatakan bahwasannya tujuan diselenggarakannya gerakan diversifikasi pangan lokal untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal karbohidrat non beras, serta mendorong cinta olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

Nadalsyah mengharapkan, nantinya Pemerintah Kabupaten Barito Utara dapat melaksanakan program diversifikasi pangan lokal untuk mendorong masyarakat mendapatkan konsumsi makanan yang seimbang dan sehat.

"Masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan lahan untuk menanam berbagai jenis makanan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari dan membantu pemerintah dalam program diversitifikasi pangan," harapnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru