Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Harapkan Dukungan Pemerintah Manfaatkan Potensi Ikan Air Tawar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 September 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga yang tergabung dalam kelompok tani di Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat mengharapkan dukungan pemerintah daerah untuk memanfaatkan potensi perikanan air tawar seperti jenis patin.

Ketua Kelompok Tani Panamas Membangun, Doni mengharapkan pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dapat terus mendukung pihaknya dalam mengembangkan potensi perikanan yang telah digeluti kurang lebih selama 7 tahun ini.

"Harapan besar kami dari kawan-kawan agar Dinas Perikanan membantu semaksimal mungkin kami di Kelurahan Panamas ini," kata Doni, Kamis, 3 September 2020.

Kendati, lanjut dia sampai dengan saat ini pun Dinas Perikanan Kapuas sudah memberikan sejumlah bantuan kepada pihaknya dalam mengembangkan sektor perikanan di Kelurahan Panamas.

"Tahun ini kami dari kelompok Panamas Membangun mendapatkan bantuan dari Dinas Perikanan sebanyak 15 ribu ekor ikan patin, pakan tahap pertama 9 pikul dan tahap kedua ada 2 ton lebih," tuturnya.

Tetapi, lanjut dia bantuan yang diberikan itu diperkiraman untuk pakan itu hanya cukup 3 bulan. "Harapan kami agar bisa dongkrak atau bisa diperbanyak bantuannya untuk kami budidaya ikan bisa dibantu minimal 5 bulan," harapnya.

Sehingga, kata dia sesuai dengan keinginan pihak Pemerintah Kelurahan bisa menjadi percontohan desa lain dan jadi ikon perikanan di Kabupaten Kapuas.

"Kami akan belajar terus intinya untuk mengolam, dan sampai saat ini kami masih bertahan memelihara kolam dan ikan patin," tuturnya.

Terlebih, Kelurahan Panamas saat ini menjadi salah satu pemasok ikan patin terbesar untuk wilayah Kota Kuala Kapuas saat ini, mengingat kebanyakan warga di sana memiliki kolam ikan sendiri untuk membudidayakan perikanan air tawar.

Sementara itu, Lurah Panamas Yaya Setiabudi mengatakan saat ini pihaknya terus mendukung potensi perikanan yang ada di wilayah setempat, dan akan selalu berkoordinasi dengan Pemkab Kapuas melalui Dinas Perikanan.

Berita Terbaru