Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

605 Paket Konversi BBM ke BBG Didistribusikan kepada Nelayan di 7 Kecamatan di Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 11 November 2020 - 19:01 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sebanyak 605 unit paket konversi bahan bakar minyak atau BBM ke bahan bakar gas atau BBG untuk kapal penangkap ikan didistribusikan kepada nelayan sasaran yang di 7 kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau, Rabu, 11 November 2020.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Riduan Sahrani mengatakan 605 unit paket konversi BBM ke BBG untuk kapal ikan ini merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Pulang Pisau mendapatkan 605 unit paket yang didistribusikan ke 7 kecamatan yang terdiri dari kecamatan Jabiren 201 unit, Kahayan Tengah 130 unit, Kahayan Hilir 102 unit, Kahayan Kuala 144 unit, Sebangau 15 unit, Maliku 7 unit dan Pandih Batu 6 unit," tuturnya. 

Ahmad Rading, mewakili Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas dari kementerian ESDM mengatakan program konversi dari BBM ke BBG untuk nelayan sasaran merupakan salah satu program yang mendukung diversifikasi energi yang mana pemilihan LPG sebagai alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan dikarenakan LPG sudah dikenal dimasyarakat.

"Mesin penggerak dengan menggunakan LPG relatif sama dengan BBM untuk motor daya rendah dan ramah lingkungan," terangnya. 

Demikian juga jelasnya program konversi dari  BBM ke BBG ini merupakan program kemitraan antara kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI. 

"Awalnya program ini dialihkan untuk penangan Covid -19, namun oleh Komisi VII DPR RI program ini dimunculkan kembali, sehingga dilakukan refokusing anggaran pada kementerian ESDM karena program ini menentukan sumber pendapatan masyarakat nelayan," jelasnya. 

Terkait bantuan dari Kementerian ESDM ini Plt Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengharapkan bantuan paket konversi BBM ke BBG bisa meningkatkan hasil tangkap ikan dan berdampak pada peningkatan dan kesejahteraan nelayan. 

"Selain itu program ini untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan diversifikasi energi," ujar Plt Bupati.(JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru