Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Rumah Betang Pulang Pisau Ditarget Rampung 2023

  • Oleh Asprianta
  • 11 Januari 2021 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pulang Pisau, Usis I Sangkai menyebutkan pembangunan Rumah Betang di Kelurahan Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir, akan rampung pada tahun 2023.

Usis I Sangkai mengatakan, pada tahun ini pengerjaannya pembangunan Rumah Betang mesih berlanjut. Namun penyelesaiannya membutuhkan waktu lama, hingga tahun 2023 mendatang.

“Rumah Betang inikan cukup besar, memerlukan biaya yang relatif besar juga. Untuk merampungkannya memerlukan waktu hingga tahun 2023 mendatang,” kata Usis I Sangkai.

Untuk pembangunan rumah betang itu, sambungnya, dilakukan secara bertahap dan diharapkan lebih cepat sebelum tahun 2023 pembangunan rumah betang rampung dan bisa di fungsikan.

Ia membeberkan, saat ini pembangunannya sudah berjalan dan terus ditingkatkan. Pada tahun ini juga pihaknya  telah melakukan survei ke rumah betang tersebut, dalam rangka melanjutkan pembangunannya.

Tim dari PUPR, lanjut dia, telah turun kelapangan untuk melakukan pengukuran, dan penghitungan oleh tim konsultan.

“Semoga pembangunan rumah betang ini bisa rampung sebelum tahun 2023 mendatang,” ucapnya.

Terpisah Bupati Pulpis, dengan terbangunnya rumah adat atau rumah betang itu akan menjadi simbol pemersatu, simbol peradaban, simbol kebersamaan masyarakat dayak di kalimatan yang diwarisi dari budaya nenek moyang kita terdahulu.

“Harapannya apabila rumah betang tersebut selesai pembangunannya, kedepan benar-benar harus dimanfaatkan sebagai bentuk pelestarian budaya seni dan adat istiadat di Kabupaten Pulang Pisau. Sehingga Kabupaten Pulang Pisau bisa menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan event-event besar festival kebudayaan, adat istiadat dan keagamaan,” tutup Edy. (ang)

Berita Terbaru