Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Akibat Pembabatan Hutan untuk Perkebunan Hingga Illegal Loging

  • Oleh Naco
  • 25 Agustus 2021 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi PKB DPRD Kotawaringin Timur, M Abadi menyebutkan terjadi banjir di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur salah satu penyebabnya lantaran banyak hilangnya hutan akibat pembukaan lahan untuk perkebunan sawit hingga aktivitas illegal loging.

Itu semua kata anggota Komisi II ini terjadi akibat izin yang diberikan pemerintah, tidak sesuai ketentuan atau aturan yang berlaku

Menurut Abadi ada perkebunan sawit membuka kawasan hutan tanpa izin sementara hutan merupakan salah satu sumber oksigen bagi makhluk hidup. Hutan juga menjadi kawasan tempat tinggal untuk satwa.

"Dalam kehidupan manusia, hutan telah membawa banyak manfaat. Contohnya mencegah banjir, tanah longsor, menjadi sumber oksigen dan lain sebagainya," katanya, Rabu 25 Agustus 2021.

Namun sayangnya kini banyak manusia dalam halnya mereka perkebunan sawit yang melakukan  pembukaan lahan, penebangan hutan secara liar yang bisa diartikan sebagai aktivitas illegal loging.

Menurut Abadi kondisi ini sebenarnya sudah bisa diprediksi, karena sisa hutan di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah tidak ideal lagi.

"Saat turun hujan maka akan terjadi banjir karena tidak ada hutan lagi sebagai resapan," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru