Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Harap Pemerintah Pusat Tidak Seenaknya Keluarkan Izin HTI

  • Oleh Donny Damara
  • 08 September 2021 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran berharap kepada pemerintah pusat terutama KLHK supaya tidak seenaknya mengeluarkan izin Hutan Tanaman Industri (HTI) di provinsi ini.

Pasalnya, jika hal itu secara terus menerus dilakukan maka akan merugikan daerah maupun masyarakat yang ada di Kalteng, dan juga akan mengakibatkan bencana alam dimana-mana.

"Apabila terjadi bencana, para pengusaha HTI ini seakan-akan tutup mata tutup telinga dan tidak peduli dengan apa yang terjadi," ujarnya Selasa, 8 September 2021.

Dia berharap ketika pemerintah pusat mengeluarkan izin ada baiknya daerah juga dilibatkan, sehingga dalam hal pemantauan atau pengawasannya akan lebih mudah.

"Jangan, ini tiba-tiba banyak investor yang masuk dimana daerah tidak mengetahuinya. Bukan kami ingin melakukan pungli, tapi biar kami mengetahui dan mengawasi HTI ini," jelasnya.

Selain itu berdasarkan pemantauan pihaknya ada sekitar 800 ribu bahkan lebih HTI yang sudah tidak aktif di Kalteng dan belum dicabut izinnya hingga sampai saat ini.

"Yang tidak aktif ini mohon dicabut izinnya oleh dirjen KLHK. Jangan dibiarkan terus di sini agar ada manfaatnya untuk daerah dan masyarakat," tegasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru