Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyerang Kakek di Basirih Hilir Diduga Kuat Buaya Muara

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 03 Oktober 2021 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Buaya yang menyerang Syahran (55), warga Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, diduga kuat merupakan jenis buaya muara. Panjang buaya tersebut diperkirakan 1,5 hingga 2 meter. 

"Jenis buaya yang menyerang, diduga kuat buaya muara," ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 2 Oktober 2021. 

Hal ini diketahui setelah menanyakan langsung dengan korban yang sempat memberikan perlawanan saat buaya tersebut menerkam.

Buaya jenis ini merupakan yang terganas di antara jenis-jenis lainnya dan diyakini banyak hidup di Sungai Mentaya, terutama wilayah Selatan, seperti Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kecamatan Pulau Hanaut, dan Kecamatan Teluk Sampit. 

"Dari laporan warga setempat, di lokasi Sungai Sapihan ada terdapat jenis buaya muara dan buaya sapit atau senyulong," jelas Muriansyah. 

Ditambahkan Muriansyah di bagian hulu sungai terdapat jenis buaya muara dan sapi panjang antara 1,5 m sampai 2 meter. Jumlahnya diperkirakan lebih dari 1 ekor. Sedangkan di sebelah hilir sekitar muara sungai terdapat buaya muara dengan uluran lebih besar yakni sekitar 3 meter. 

"Nah di lokasi sebelah hilir ini, kami pasang jerat dan pancing buaya," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru