Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Atasi Pemenuhan Gizi, Dinas Pertanian di Katingan Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Oktober 2021 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan menggelar kegiatan gemar makan ikan di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kamis, 28 Oktober 2021.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Yosy. Acara ini juga dihadiri Camat Katingan Tengah, Yoby Sandra dan unsur Muspika kecamatan. 

Puluhan murid SD di wilayah Tumbang Samba hadir pada kegiatan tersebut. Kepala Dinas, Yosy menuturkan, acara gemar makan ikan ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar lebih menggemari makanan yang berbahan dasar ikan.

"Memang kita tidak bisa memungkiri Kabupaten Katingan saat ini masih menghadapi permasalahan gizi, makanya kita hari ini menggelar kegiatan gemar makan ikan dengan pesertanya di antaranya adalah anak-anak," sebut, Yosy.

Berdasarkan hasil riset dasar khusus Kabupaten Katingan tahun 2018, kata Yosy, tingkat perumbuhan stunting atau anak pendek atau kerdil mencapai 33, 26 persen. "Angka stunting ini menujukkan 1 dari 3 anak tumbuh kerdil, dan ini menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat," sebut Yosy.

Oleh karena itu, lanjut Yosy, salah satu solusi peningkatan gizi masyarakat utamanya pada 1.000 hari pertama kehidupan atau gerakan 1.000 dan perkembangan otak anak-anak di bawah dua tahun atau Baduta.

"Dan ikan sebagai sumber pangan dan memiliki gizi yang sangat baik, seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang brrmanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin," tutur Yosy. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru