Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangkap Ular Pemangsa Ternak, Petugas Terpaksa Bongkar Toilet Warga

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 10 Januari 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur terpaksa membongkar tempat penampungan toilet warga. Pasalnya saat akan ditangkap ular ini kabur dan bersembunyi di toilet. 

Kejadian ini terjadi di rumah Muhammad Junaidi, warga Jalan Tangkulis, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Minggu malam 9 Januari 2022.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pelapor, dia mendengar suara gaduh berasal dari kandang ayam di samping rumah. Mengetahui hal tersebut, dirinyapun berinisiatif untuk mencoba melihatnya dan ternyata ada ular berukuran besar sedang melilit seekor ayam peliharaan dan siap untuk memangsanya.

Warga pun melaporkan hal itu ke petugas Disdamkarmat Kotim. Petugas pun langsung bergerak ke lokasi pelapor. Setiba di kediaman pelapor, petugas menanyakan terlebih dahulu tentang keberadaan seekor ular.

"Setelah mendapatkan informasi, petugaspun langsung diarahkan masuk menuju ke samping rumah dan menemukan seekor ular sanca batik," ungkap Kepala Seksi Pemadam dan Penyelamatan, Disdamkarmat Kotim, Hery Wahyudi, Senin 10 Januari 2022. 

Hewan dengan nama latin Malayopython reticulatus yang sedang melilit seekor ayam peliharaan milik pelapor. Merasa terusik dengan kedatangan petugas, seekor ular pun langsung melepas lilitan mangsanya kemudian kabur. 

"Ular kabur masuk ke dalam saluran pembuangan rumah yang sudah tidak berpenghuni di samping rumah pelapor," katanya.

Sebelumnya petugas meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pelapor untuk melakukan pembongkaran tempat dudukan kloset  yang berada di atas saluran pembuang.

Setelah dilakukan pembongkaran, tidak lama kemudian seekor ular sanca berhasil ditemukan dan langsung diamankan oleh petugas.  Seekor ular sanca sepanjang 3,5 meter diamankan selanjutnya akan dipindahkan ke tempat yang jauh dari permukiman warga. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru