Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Deteksi Dini Terhadap Penyebaran Covid-19 Perlu Ditingkatkan

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Januari 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 di Kalteng perlu ditingkatkan, terlebih adanya ancaman varian baru omicron.

Duwel menerangkan, dengan deteksi dini tidak hanya mencegah penyebaran Covid-19 termasuk varian baru semakin meluas. Tapi juga guna mempercepat upaya pelacakan dan penanganan atau pengobatan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19, terutama di daerah yang jauh dari rumah sakit rujukan.

"Saya pikir perlu ada pengadaan alat deteksi ini, terutama di kabupaten yang belum punya seperti halnya PCR. Harapan saya, yang belum ada itu kenapa tidak disiapkan peralatannya, tenaganya supaya deteksi, pelacakannya lebih cepat. Jadi, masyarakat juga bisa lebih cepat mendapat penanganan," ujarnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Dia menjelaskan sejauh ini anggaran baik itu dari APBD maupun APBN untuk penanganan Covid-19 terbilang cukup banyak. Oleh karenanya pemerintah diharapkan dapat bijaksana dalam mengelola penggunaan anggaran tersebut.

Dia juga berharap pemerintah, para pemangku kepentingan, dan seluruh elemen masyarakat untuk lebih intensif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol maupun vaksinasi sebagai upaya melawan Covid-19.

"Yang terpenting masyarakat jangan terlalu khawatir dengan varian baru. Sebab dari pengalaman selama ini, varian baru lebih sedikit angka kematiannya, meskipun penularannya cepat. Jadi lindungi diri dengan prokes dan vaksinasi, dengan dua hal itu pasti bisa menolong, kalaupun tertular risikonya pasti kurang dan tidak membahayakan nyawa, karena sudah divaksin," tandasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru