Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinsos Kapuas Dorong Kecamatan Aktif Data Pekerja Non ASN Terdaftar Jaminan Sosial

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Januari 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Sosial atau Dinsos Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mendorong pemerintah kecamatan hingga desa dan kelurahan aktif data pekerja non ASN terdaftar atau belum dalam program jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan.

Terutamanya bagi pekerja non ASN dalam hal ini penerima upah bersumber dari APBD Kabupaten Kapuas seperti Ketua RT, Perangkat Desa, anggota BPD, mantir, damang, dan tenaga kontrak baik itu guru dan tenaga kesehatan.

"Kami harapkan kecamatan desa dan kelurahan aktif melakukan pendataan khususnya pekerja kita penerima upah non ASN yang belum terdaftar ke BPJS Ketenagakerjaan segera kita daftarkan untuk mendapatkan hak perlindungan serta jaminan terhadap profesi mereka," kata Budi, Rabu 26 Januari 2022.

Untuk saat ini, lanjut dia pihaknya fokus di pekerja penerima upah non ASN itu seperti Ketua RT, Perangkat Desa, BPD, mantir, damang, dan tenaga kontrak.

"Kita berharap keberadaan para tenaga kerja khususnya non ASN atau penerima upah bersumber APBD lebih kuat, lebih merasa bahwa pemerintah tetap hadir memberi perlindungan dan jaminan sosial bagi mereka," harapnya.

Sebelumnya, Pemkab Kapuas dan BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan Focus Group Discussion atau FGD menindaklanjuti instruksi Bupati Kapuas tentang optimalisasi program BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja kita non ASN dan penerima upah bersumber dari APBD.

"Bertujuan mengoptimalkan program tersebut sehingga dapat memberikan perlindungan, dan jaminan sosial," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru