Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Peringatkan Potensi Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia, Termasuk Palangka Raya

  • Oleh ANTARA
  • 13 Mei 2024 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan pada Senin termasuk beberapa kota besar di Tanah Air, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan prakiraan cuaca di situs BMKG dipantau daring dari Jakarta, Senin, hujan lebat berpotensi turun di wilayah Aceh,Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Hujan lebat juga diprakirakan turun di sejumlah titik di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi pada hari ini di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Papua Barat.

Kota-kota yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Senin, yakni Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Pekanbaru, Mamuju, dan Padang.

Sementara hujan ringan dapat dialami wilayah Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Jayapura, Manokwari, Kendari, Manado, dan Medan.

BMKG memprakirakan khusus untuk wilayah Jakarta, cuaca berpotensi akan berada dalam kondisi cuaca cerah berawan di seluruh wilayah administrasinya dengan hujan ringan dapat terjadi dimulai pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan dampak hujan termasuk banjir di sejumlah wilayah dengan kategori waspada diberikan hari ini untuk daerah di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

ANTARA

Berita Terbaru