Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Gelar Bimbingan Teknis Manajemen Proyek

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Februari 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan menggelar bimbingan teknis manajemen proyek, Selasa, 22 Februari 2022. Bupati Katingan Sakariyas didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Christian Rain memimpin rapat yang dilaksanakan di aula dinas setempat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sakariyas mengatakan manajemen proyek konstruksi ialah suatu proses manajemen seperti perencanaan, pelaksanaan dan penerapan. Di mana pada setiap bagian tersebut yang terdapat pada proyek berjalan secara sistematis, dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif agar tercapai tujuan proyek tersebut.

Manajemen proyek konstruksi membawahi mutu fisik dari konstruksi, biaya dan waktu. Dimana manajemen tenaga kerja atau sumber daya manusia dan manajemen material lebih ditekankan dan digunakan.

"Pada intinya manajemen konstruksi adalah suatu sistem yang terdiri atas tiga fungsi pokok kegiatan yang saling terkait, yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengendalian dan pelaksanaan," kata Sakariyas.

Selain itu, imbuh Sakariyas sasaran utama proyek konstruksi adalah mebgelola fungsi majanemen proyek dengan benar sehingga memperoleh hasil yang optimal sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Untuk mencapai sasaran utamanya, manajemen proyek konstruksi berorientasi pada pelaksanaan pengawasan waktu.Dan dalam melaksanakan peran dan fungsinya, manajemen proye konstruksi dapat memulai dari tahap perencanaan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru