Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Kecelakaan Terjadi dalam 30 Menit Akibat Jalan Berlubang di Desa Simpang Naneng

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Februari 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Lima peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi dalam waktu 30 menit di jalan provinsi yang berlubang dan digenangi air di RT 03, Desa Simpang Naneng, Kabupaten Barito Timur, Kamis, 24 Februari 2022 malam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Yohanis, warga setempat yang ikut menolong para korban menjelaskan, kondisi cuaca sekitar pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB, hujan lebat dan jalan terendam air sehingga lubang yang dalam tidak terlihat.

"Posisi jalan yang rusak kalau dari arah Ampah menuju Tamiang Layang setelah turunan sehingga biasanya kendaraan melaju cukup kencang. Dari 5 kecelakaan motor malam tadi ada 4 orang yang luka-luka, bersyukur kondisinya tidak parah," ujarnya, Jumat, 25 Februari 2021.

Menurut Yohanis yang rumahnya dekat tempat kejadian, jalan berlubang yang berjarak 16 kilometer dari Kota Tamiang Layang dan berada di depan Puskesmas Pembantu Simpang Naneng itu bukan saja menyebabkan kecelakaan pada malam hari saat hujan.

"Sering mas, bahkan kondisi terang waktu siang juga terjadi kecelakaan tunggal. Kerusakan menutup separuh jalan sehingga biasanya kalau kondisi masih siang bergantian kendaraan bermotor memakai jalur jalan yang tidak berlubang," jelas Yohanis.

Dia mengungkapkan, kerusakan jalan tersebut sudah sering disurvei oleh petugas dari dinas terkait sejak awal tahun 2021, namun hingga kini belum ada perbaikan.

"Sekarang kedalaman lubang sekitar 30 sentimeter sehingga apabila ban depan yang menabrak pasti motor terhenti mendadak dan pengendara bisa terpelanting," paparnya.

Dia berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut karena sebelum makin parah dan menimbulkan korban jiwa.

"Jangan sampai ada korban meninggal dulu baru kita heboh. Ini jalur utama yang ramai dilintasi orang dari luar Barito Timur yang mungkin belum hafal kondisi jalan," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru