Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Membuat Sarang di Pohon Durian Milik Warga Desa Batuah

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 21 Juni 2022 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemunculan orangutan kembali terjadi di Desa Batuah, Kecamatan Seranau, Kotawaringin Timur. Orangutan tersebut membuat sarang di pohon durian milik warga yang sedang berbuah. 

"Pemilik marah, karena orangutan membuat sarang di pohon miliknya," jelas Idrus, warga sekitar, Selasa, 21 Juni 2022. 

Kemunculan orangutan itu diketahui warga sudah beberapa hari ini. Warga pun berharap petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam segera melakukan rescue atau penyelamatan. 

Menurut warga sekitar, orangutan yang terlihat kali ini adalah yang sering terlihat beberapa waktu lalu. Orangutan diyakini berjenis kelamin jantan dengan bobot tubuh yang lebih besar. 

"Orangutan yang dulu sering terlihat tapi yang ini berpindah-pindah dan lebih besar," ujarnya. 

Untuk diketahui, keberadaan orangutan mendekati permukiman warga di desa ini bukan merupakan yang pertama kali. Sebelumnya satu induk orangutan telah dievakuasi oleh BKSDA dan telah dikirim ke Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. 

Warga menyebutkan setidaknya ada 3 ekor orangutan yang berkeliaran di wilayah Desa Batuah. Orangutan mendekati permukiman dan kebun warga karena sebagian besar wilayah ini banyak ditumbuhi pohon buah-buahan. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru