Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panitia Pemilihan Desa Tumbang Lapan Sudah Tetapkan DPS pada Pilkades 2022

  • Oleh Riska Yulyana
  • 23 Juni 2022 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Panitia Pemilihan Desa Tumbang Lapan Kecamatan Rungan Hulu Kabupaten Gunung Mas sudah menetapkan dan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) pada Pilkades Tumbang Lapan.

Daftar DPS tersebut ditetapkan dalam rapat penetapan DPS yang telah dilaksanakan di Ruang Sekretariat Panitia Pemilihan Desa Tumbang Lapan pada Rabu 22 Juni 2022 lalu.

"Daftar pemilih sementara tersebut, diumumkan di papan pengumuman agar dapat dilihat langsung oleh masyarakat, dengan demikian maka masyarakat yang belum terdaftar bisa segera malaporkan kepada panitia agar didata," ujar Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Tumbang Lapan, Putu Krisyanto, Kamis 23 Juni 2022.

Setelah diumumkan di papan pengumuman sekretariat, para perangkat daerah dan ketua RT diminta untuk mengumumkan DPS tersebut pada masyarakat kemudian di teliti, di verifikasi dan di validasi sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). DPS juga sudah di distribusikan oleh panitia pemilihan desa kepada Para Calon Kepala Desa untuk di teliti dan diverifikasi.

Dikatakan, DPS ini bersumber dari Data Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020. Rinciannya ada 552 DPS yang telah ditetapkan, 286 laki-laki dan 266 perempuan.

Sementara itu, Camat Rungan Hulu yang juga hadir dalam rapat tersebut meminta masyarakat berperan aktif meneliti dan mencermati DPS Pilkades tersebut untuk selanjutnya melaporkan kepada Ketua RT atau Perangkat Desa masing-masing apabila ada data nama ganda, meninggal, pindah atau ada pemilih yang belum terdaftar dalam DPS sehingga pemilih dapat mempergunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara. Terutama pada pemilih pemula yakni maksimal berusia 17 tahun pada 10 Agustus 2022 dan juga warga yang baru pindah ke Desa Tumbang Lapan enam bulan terakhir.

"DPS sudah diterbitkan, dimohon kepada masyarakat harus aktif memeriksa apakah namanya sudah tercantum apa belum, jika belum segera laporkan kepada panitia pemilihan Desa Tumbang Lapan. Harapan kita bersama, Pilkades Tumbang Lapan bisa berjalan aman, tertib dan lancar," ujarnya. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru