Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Posyandu Mawar di Petuk Katimpun Diresmikan, Warga Diberi Pengobatan Gratis

  • Oleh Hendri
  • 24 Juli 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Mawar di Jalan Raflesia, Kelurahan Petuk Katimpun diresmikan, Minggu, 24 Juli 2022. Kegiatan peresmian dirangkai dengan pengobatan gratis untuk warga, khususnya lansia, remaja dan anak-anak.

Posyandu tersebut diresmikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin. Hingga saat ini, Posyandu masih menjadi sarana penting dalam mendukung upaya pencapaian keluarga sadar gizi, membantu penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatannya meliputi pemantauan pertumbuhan yang diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan seperti imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan kontrasepsi hingga penyuluhan dan konseling.

"Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan dan kepedulian semua pihak. Keberhasilan posyandu merupakan tanggung jawab bersama," ungkapnya.

Menurutnya, Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, namun dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan Posyandu terus diupayakan. .

Untuk mendukung keberhasilan Posyandu maka sesuai Permendagri Nomor 54 Tahun 2007 perlu dibangun kesepahaman bahwa pengembangan masyarakat melalui posyandu merupakan tanggung jawab seluruh lintas sektor.

Sasaran Posyandu bukan hanya bayi dan balita namun juga bagi ibu hamil, ibu menyusul dan pasangan usia subur. Posyandu yang tersebar di seluruh Kelurahan di Kota Palangka Raya menjadi garda terdepan dalam pencegahan stunting. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru