Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Gumas Paparkan Pentingnya Data Gender dan Anak

  • Oleh Riska Yulyana
  • 26 Juli 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson memaparkan pentingnya data gender dan anak untuk pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Gunung Mas. 

Ia menjelaskan hal tersebut saat membuka kegiatan pertemuan forum data terkait penyediaan data gender dan anak di kewenangan Kabupaten Gunung Mas tahun 2022 yang dilaksanakan di GPU Damang Batu Kuala Kurun pada Selasa, 26 Juli 2022.

"Data dan Informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,"ujar Yansiterson pada Selasa, 26 Juli 2022.

Yansiterson mengatakan, untuk merancang kebijakan dan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, maka langkah awal yang diperlukan adalah adanya ketersediaan data yang akurat dan benar. 

Dia melanjutkan, dalam perspektif gender, penyediaan data, analisis dan pelaporan terpilah menurut jenis kelamin, dimaksudkan untuk menyajikan data dan informasi tentang kasus dalam kehidupan sebagai perempuan dan laki-laki.

"Data terpilah berdasarkan jenis kelamin, menjadi inti dalam menghasilkan statistik gender (pedoman data gender), yaitu informasi yang mengandung isu gender, termasuk di dalamnya isu anak, sebagai bahan analisis gender," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru