Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P4S Desa Balawa Ajarkan Siswa Sekolah Dasar Bertani Sayuran

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Agustus 2022 - 06:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau P4S di Desa Balawa Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur mulai menanam jiwa wirausaha pertanian sejak dini kepada remaja usia sekolah dasar atau SD dengan mengajarkan budidaya tanaman sayuran hingga memasarkannya.

P4S Desa Balawa merupakan kelembagaan pelatihan dengan metode permagangan pertanian dan perdesaan yang didirikan oleh Duta Petani Milenial Nasional asal Barito Timur, Eben Haisar Tefbana bersama Kelompok Tani Anugerah Alam Lagai yang dipimpinnya.

"Kami berjalan dengan memberdayakan remaja setingkat sekolah dasar yang mungkin punya waktu luang saat mereka pulang sekolah, dari pada mereka bermain kami memberikan pelatihan tentang budidaya tanaman sayuran seperti kangkung," ujar Eben saat ditemui di kebun sayur binaan P4S, Minggu, 31 Juli 2022.

Budidaya sayuran kangkung dipilih karena jangka waktu pemeliharaan yang singkat yakni umur 25 hingga 30 hari sudah bisa dipanen dan dijual.

Saat ini terdapat tiga orang siswa SD yang dibina oleh P4S Desa Balawa, mereka sekaligus menjadi anggota Kelompok Tani Anugerah Alam Lagai. "Jadi yang kelas VISD ada satu orang dan kelas VI SD ada dua orang," terang Eben.

Dalam memberikan pelatihan kepada para siswa SD tersebut, P4S menyediakan benih, pupuk serta memberikan pendampingan dasar pengolahan tanah, penanaman, pemberian pupuk, pemeliharaan tanaman, hingga menyiapkan tempat untuk menjual hasil budidaya.

"Mereka hanya melakukan kegiatan bertani dari membuka lahan hingga menjual kemudian hasil penjualan dibagi untuk mereka," ungkapnya.

Eben menambahkan, para remaja tersebut juga dibekali dengan berbagai ilmu pertanian sehingga kelak dapat berwirausaha di bidang pertanian.

"Paling kurang kami berharap P4S ini menjadi wadah anak-anak belajar, mengerti dan mengimplementasikan cara budidaya pertanian pada pekarangan rumah masing-masing," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru