Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Muara Sepanjang 2 Meter Ancam Keselamatan Warga Jalan Antang Barat Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 September 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Jalan Antang Barat, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dikejutkan dengan kemunculan seekor buaya muara sepanjang 2 meter.

Buaya tersebut muncul di lorong samping rumah kosong milik seorang warga di permukiman, yang berada tepat di belakang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sampit. 

Karena takut ada warga yang menjadi korban, sehingga dilaporkan kepada pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim, untuk dilakukan evakuasi. 

"Kami menerima laporan dari warga, sehingga kami langsung bergegas menerjunkan 15 orang anggota, untuk melakukan evakuasi," ujar Kepala Seksi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Hery Wahyudi, Senin, 5 September 2022.

Meski sudah menerjunkan 15 orang personel, evakuasi tersebut tidak berjalan dengan mudah. Bahkan petugas membutuhkan waktu hingga 4 jam, untuk dapat menangkap hewan buas yang dilindungi tersebut. 

"Hewan itu sangat agresif, ditambah lokasi itu sempit. Sehingga kami sempat kesulitan untuk mengevakuasinya," kata Hery. 

Setelah 4 jam lamanya, pihaknyapun berhasil mengevakuasi hewan tersebut. Rencananya, besok akan diserahkan langsung ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit. 

Kemunculan buaya tersebut menggegerkan warga sekitar. Mereka kaget buaya muncul di permukiman yang sangat jauh dari Sungai Mentaya meskipun tidak jauh dari lokasi, ada drainase cukup besar. 

"Munculnya hewan itu sempat membuat kaget warga. Kami mendapatkan laporan dari masyarakat bernama Fauzi (30), karena buaya itu muncul pas di belakang rumahnya," terang Hery. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru