Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfosantik Barito Timur Sosialisasi Pembinaan Keamanan Informasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 September 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik atau Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur menggelar Sosialisasi Pembinaan Keamanan Informasi Melalui Sistem E-sign Barito Timur di Tamiang Layang, Jumat, 16 September 2022.

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang rapat bupati itu diikuti oleh pejabat administrator dari 26 organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkungan Pemkab Barito Timur, dengan narasumber Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosantik Barito Timur, Ari Opu Pahandrian Migang.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Diskominfosantik Dwi Aryanto yang membacakan sambutan Bupati Barito Timur mengatakan, pemanfaatan keamanan informasi teknologi untuk mendukung berbagai aktivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Barito Timur merupakan wujud pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Salah satu bentuk pemanfaatannya dalam penyelenggaraan pemerintahan yaitu melalui penggunaan Sistem E-sign Barito Timur," ungkapnya.

Dwi menjelaskan Sistem E-sign Barito Timur merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi dokumen elektronik dalam mendukung tata pemerintahan yang baik.

"Karena sistem penggunaan sertifikat elektronik sangat praktis, kita tidak perlu membawa dokumen yang akan kita tanda tangani namun cukup melalui aplikasi," jelasnya.

Menurut Dwi, Bupati berharap melalui sistem ini dapat mempercepat pelayanan dan keakuratan serta mendukung program paperless office atau peniadaan penggunaan kertas di kantor.

"Oleh karena itu pemanfaatan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik saat ini sangat penting bagi Kabupaten Barito Timur yang mulai bertransformasi untuk penerapan pelayanan pemerintahan berbasis digital," lanjutnya membacakan sambutan Bupati.

Di era yang serba elektronik persandian daerah dituntut untuk memiliki layanan kegiatan pengamanan informasi. Karena itu Bupati berharap sosialisasi tersebut dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan tentang tata pengelolaan keamanan informasi melalui sistem E-sign Barito Timur.

Bupati juga berpesan agar seluruh OPD bersama-sama mendukung proses transformasi pengelolaan keamanan informasi dokumen elektronik dalam hal ini pemanfaatan tanda tangan elektronik melalui sistem E-sign Barito Timur.

"Tingkatkan layanan berbasis digital dalam pengamanan yang terkelola secara baik sehingga tercipta jaminan proses pelayanan dan administrasi pemerintahan yang lebih cepat akurat dan transparan," ucap Dwi menyampaikan pesan Bupati. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru