Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelamar Sopir dan Satpam Setwan Membludak

  • 28 Januari 2016 - 21:07 WIB

SEKRETARIAT Dewan (Setwan) DPRD Kota Palangka Raya sebetulnya hanya membutuhkan 10 orang tenaga kerja honorer. Ternyata, di luar dugaan peminatnya justru membludak. Formasi 10 kursi tersebut diperbutkan hingga 700 pelamar yang telah lulus tes berkas.

Padahal, tenaga kontrak tahunan itu diplot untuk sopir, satuan pengamanan (satpam) dan tenaga administrasi.

Sekretaris dewan (Sekwan), Sitti Masmah sampai tidak habis pikir dengan fenomena membludaknya itu. Sebegitu tingginya angka pencari kerja di Kota Cantik Palangka Raya ini.

Sampai-sampai lowongan kerja yang tidak menjanjikan secara materi 'disasah'. Sebab, sambung, Masmah, gaji bulanan untuk honorer dari kalangan sarjana saja hanya sekitar Rp1,3 juta alias tidak mencapai upah minimum regional (UMR).

'Bahkan awalnya total pelamar sebenarnya mencapai 1.000 orang lebih. Saya tidak tahu kenapa jadi membludak seperti ini, padahal cuma untuk formasi lima satpam, dua sopir, dan tiga tenaga administrasi,' ungkap Masmah kepada Borneonews, Kamis (28/1) saat ikut mengawasi jalannya tes tertulis di Tribun Stadion Sanaman Mantikei.

Ia merinci, rencananya lima orang satpam itu ditempatkan di rumah jabatan pimpinan DPRD dan dua orang di gedung DPRD Kota Palangka Raya tetapi dengan sistem rolling piket jaga. Kemudian untuk dua orang sopir, rencana penempatannya bakal menjadi sopir dua unsur Wakil Ketua DPRD atau untuk sopir dua bus yang dibeli Setwan.

Sementara untuk tiga tenaga administrasi yang dibutuhkan itu, ditempatkan di bagian administrasi keuangan, bagian perundang-undangan, dan bagian umum masing masing satu orang.

 'Untuk lima orang satpam, sementara dilpot tiga orang jaga di Rujab Pimpinan DPRD dan dua orang di kantor DPRD, tapi nanti dirolling lah.Sopir juga untuk dua bus Setwan yang baru beli, itu juga nanti di rolling,' jelas dia.

Masmah juga menjelaskan, tahapan berikutnya setelah 700 pelamar  yang ikut tes tertulis adalah harus mengikuti tahap wawancara. Pihaknya sudah menyiapkan sembilan orang dari Setwan sebagai panitia penerimaan khusus Setwan DPRD. 10 hari kedepan bakal sudah diketahui 10 orang yang akan maju ke tahap wawancara itu. (RZ/B-12)

Berita Terbaru