Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ingin Kotim Jadi Penyangga Pangan di Kalteng dan IKN

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Oktober 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor terus berupaya meningkatkan luasan area pertanian dan produksi hasil peternakan.

Itu dilakukan karena ia ingin agar Kotim bisa menjadi daerah penyangga pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan juga pemasok pangan ke ibu kota baru nusantara di Panajam Paser Utara.

"Potensi pertanian dan peternakan di Kotim sangat besar, oleh sebab itu harus kita kembangkan dan tingkatkan produksinya. Agar daerah kita dapat menjadi penyangga pangan, baik untuk Kalteng maupun ibu kota baru nusantara," ujar Halikinnor, Senin, 17 Oktober 2022.

Program yang sudah mulai dijalankan di daerah ini oleh Halikinnor, salah satunya meminta agar seluruh kecamatan membuka lahan pertanian. Baik berupa padi, sayuran, dan lainnya.

Hal itu dilakukan sebagai upaya jangka panjang dalam mengatasi inflasi dan juga meningkatkan produksi agar dapat menyuplai ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan ini.

Karena, beberapa waktu lalu, Bupati Panajam Paser Utara sudah berbincang dengan dirinya, agar Kotim bisa menjadi pemasok daging sapi dan telur.

"Saya belum iyakan permintaan tersebut, karena hasil produksi kita juga belum memadai," kata Halikinnor.

Namun dirinya berharap, permintaan itu menjadi pemicu semangat bagi petani dan peternak. Guna meningkatkan produksinya. Karena, pangsa pasarnya sudah ada, tinggal kesiapan masyarakat Kotim untuk memenuhinya.

"Saya harap ini menjadi sebuah kabar baik bagi kita. Agar peningkatan ekonomi melalui sektor pertanian dan peternakan bisa berjalan dengan baik," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru