Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gunung Mas: Ikuti Instruksi Pemerintah Soal Aturan Penggunaan Obat Sirop

  • Oleh Riska Yulyana
  • 01 November 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Saat ini sedang ramai diperbincangkan terkait adanya sejumlah obat sirop yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak.

Terkait itu, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing mengimbau kepada masyarakat setempat agar mengikuti instruksi pemerintah terkait aturan penggunaan obat untuk pengobatan.

"Terkait isu tersebut, sebaiknya kita ikuti saja instruksi dari yang ahlinya, kan ada kemenkes dan BPOM," ujarnya, Selasa, 1 November 2022.

Lebih lanjut, jika pemerintah mengintruksikan untuk tidak minum obat sirup, ya sebaiknya kata Efrensia ikuti saja. "Karena bahan pencampur obat sirupnya yang diduga penyebab gagal ginjal akut itu," terangnya.

Bagi anak-anak yang tidak bisa minum obat dalam bentuk tablet, para orangtua bisa menghaluskannya, atau minta kepada pihak apoteker untuk membuatnya menjadi obat bubuk.

Selain itu, kata Efrensia bisa juga konsumsi obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter yang benar-benar aman. 

"Jadi kita ikuti imbauan pemerintah, untuk saat ini lebih baik minum obat tablet atau minum obat yang sudah direkomendasikan dokter yang benar-benar aman," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru