Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Sinergitas dan Kolaborasi dalam Penanggulangan Inflasi Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 28 Desember 2022 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan dalam upaya percepatan peningkatan pembangunan sektor ekonomi kerakyatan di barito utara serta penanggulangan inflasi daerah diperlukan sinergisitas dan kolaborasi stakeholder terkait,

Dikatakannya, untuk mewujudkan hal itu diantaranya adalah melalui kegiatan rapat koordinasi pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan penanggulangan inflasi daerah Kabupaten Barito Utara yang kita laksanakan saat ini,” kata Nadalsyah pada kegiatan rapat koordinasi pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil, dan penanggulangan inflasi daerah Kabupaten Barito Utara di aula Bappeda Litbang, Rabu 28 Desember 2022.

“Saya menyambut baik dan apresiasi dengan dilaksanakannya rapat koordinasi ini. Semoga dengan diselenggarakan rapat koordinasi ini dapat meningkatkan sinkronisasi, sinergisitas dan kolaborasi program dan kegiatan antara Pemkab Barito Utara, stakeholder terkait dan para pelaku usaha koperasi, usaha mikro dan kecil di wilayah Kabupaten Barito Utara,” katanya.

Rapat koordinasi seperti ini memiliki arti penting sebagai upaya peningkatan kapasitas gerakan koperasi, usaha mikro dan kecil di wilayah Barito Utara yang merupakan kunci penting dalam upaya percepatan peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan.

“Sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat serta memberikan dampak terhadap penanggulangan inflasi daerah Kabupaten Barito Utara,” kata bupati. 

Menurut Nadalsyah, pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, UKM merupakan program dan kegiatan yang sangat strategis dilakukan dalam rangka upaya pemulihan ekonomi daerah menuju pemulihan ekonomi nasional.

“Karena kegiatan ekonomi yang berbasis masyarakat ini menjadi suatu potensi yang perlu dibina dan dikembangkan secara lebih luas, baik dari segi manajemen, kualitas sumber daya manusia, kemitraan usaha dan permodalan serta mampu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang saat ini serba digital,” ucapnya.

“Untuk itu saya minta kepada seluruh stakeholder terkait agar lebih memperhatikan pemulihan ekonomi daerah Kabupaten Barito Utara yang berbasis ekonomi kerakyatan. Kita jangan ragu-ragu untuk membina dan mengembangkan ekonomi kerakyatan, karena hal ini selaras dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Barito Utara,” kata orang nomor satu di Kabupaten Barito Utara itu.

Bupati juga meminta kepada seluruh pelaku UMKM agar mampu melakukan terobosan-terobosan baru, lebih meningkatkan daya kreatif dan inovatif serta mampu menggali sumber daya dan potensi yang ada dalam mengembangkan usahanya.   

“Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah terbukti menjadi instrumen yang esensial dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional ditengah berbagai guncangan krisis. Sektor UMKM juga telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja, sehingga pemerintah terus berupaya memberikan dukungan sebagai wujud keberpihakan terhadap kemajuan koperasi, UMKM,” imbuhnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru