Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dokter: Pemeriksaan Kesehatan Penting untuk Pengendalian Penyakit

  • Oleh ANTARA
  • 01 Januari 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Dokter spesialis saraf Untung Gunarto Sp.S. MM mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting untuk pengendalian penyakit tidak menular.

"Pemeriksaan kesehatan sangat penting untuk pengendalian penyakit tidak menular termasuk penyakit stroke," kata Untung Gunarto ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Dokter yang praktik di sejumlah RS di Purwokerto, Jawa Tengah itu menjelaskan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala maka masyarakat bisa mengetahui sedini mungkin adanya faktor risiko penyakit yang muncul.

"Pemeriksaan kesehatan bertujuan agar masyarakat bisa tahu sedini mungkin adanya faktor risiko yang muncul, sehingga bisa segera menentukan langkah, pencegahan, pengendalian, serta penanganannya," katanya.

Dia menjelaskan bahwa diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas merupakan contoh faktor-faktor risiko yang bisa diintervensi atau diubah.

"Dengan melakukan pemeriksaan berkala maka faktor risiko tersebut bisa diketahui sehingga bisa segera diintervensi atau dikendalikan," katanya.

Terkait hal tersebut, kata dia, edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan harus terus diintensifkan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

Dokter Untung menambahkan, momentum pergantian tahun perlu dimanfaatkan masyarakat untuk membuat resolusi pada aspek kesehatan salah satunya dengan meningkatkan komitmen untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, selain itu juga harus aktif bergerak atau melakukan aktivitas fisik, olahraga, menjaga pola makan, dan tidak merokok," katanya.

Dia menambahkan bahwa aktif bergerak atau melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit tidak menular, termasuk stroke.

"Dengan aktif beraktivitas fisik maka akan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pembakaran dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan mudah membuang sisa metabolisme. Untuk itu aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan dilakukan minimal lima kali dalam seminggu sangat baik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan termasuk mencegah penyakit stroke," katanya. 

ANTARA

Berita Terbaru