Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eks Gafatar Donor Darah Sebelum Pulang

  • 18 Februari 2016 - 11:32 WIB

Eks Gafatar yang ditampung di Asrama Balai Latihan Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km 7 memiliki permintaan terakhir sebelum dipulangkan ke daerah asal. Permintaan terakhir itu adalah donor darah.

Kamis (18/2/2016) pagi, donor darah oleh PMI setelah ebih dulu berkoordinasi dengan pemerintah kota pun digelar. 

"Yang menggagaskan donor darah ini adalah teman-teman yang diungsikan. Karena mereka melihat bahwa di Unit Donor Darah (UDD) kekurangan darah," kata Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencara PMI Kalteng Arif Abdullah kepada wartawan, Kamis (18/2/2016) pagi.

"Sehingga mereka berinisitif donor darah. Kemudian menghubungi saya dan mengatakan sebelum dipulangkan mau donor darah. Saya lalu berkoordinasi dan digelarlah donor darah ini," ungkap pria yang sudah 119 kali donor darah dengan golongan darah O itu.

Sampai pada pukul 10.30 WIB, sudah ada 15 kantong yang terkumpul. Darah itu nantinya akan diserahkan ke UDD dan diberikan bagi masyarakat yang memerlukan. 

Mengenai berap sisa stok darah di UDD, Arif menyebut tidak begitu ingat. Sebab, ia sebagai pengurus PMI Kalteng sedangkan UDD disebutnya di bawah PMI kotaamdya.

"Kalau ada masyarakat yang memerlukan itu ada prosesnya. Jadi darah ini nanti harus disterilkan, kemudian diuji lab. Lalu dikenakan Rp 365 ribu. Uang itu nanti masuk ke UDD kemudian di stor ke pusat dan digunakan untuk membeli kantong lagi," bebernya.

Menurut Arif, sebelum mereka berstatus eks alias belum dibubarkan, pernah ada MoU dengan PMI untuk melakukan donor darah rutin tiga bulan sekali. "Terakhir donor darah pada November 2015," tuturnya.

Sementara itu, Mariadi, seorang pendonor dari Kelompok Tani Barigas Tata Usanang mengaku donor darah itu untuk ke delapan kali. (BY/m)

Berita Terbaru