Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Ikan Menurun Dampak Perusakan Lingkungan

  • Oleh Trisno
  • 12 Januari 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Murung Raya, Donald. mengakui dampak dari pencemaran sungai akan mengurangi ekosistem ikan di sungai.

"Kondisi ini harus menjadi perhatian serius," pesan Donald, Kamis, 12 Januari 2022.

Ia melihat selain DAS Barito juga ada beberapa anak sungai saat ini sudah sangat tercemar. Kondisi ini perlu penanganan serius, karena selain berbahaya bagi manusia, juga berbahaya bagi ekosistem hewani yang tinggal di dalamnya.

Karenanya, ia meminta masyarakat ikut menjaga kelestarian lingkungan termasuk sungai sebagai warisan bagi anak cucu nanti.

Memang zaman semakin berubah, hal itu sangat dirasakan oleh para pencari ikan tradisional dengan menggunakan jaring, atau memancing lantaran penghasilan ikan yang didapat tidak seperti dulu lagi, atau jauh berkurang.

Hal itu diduga berkaitan dengan semakin menurunnya populasi ikan di DAS Barito dan anak anak sungai lainnya karena kerusakan lingkungan yang mengganggu ekosistem hewani khususnya di sungai.

Tentunya, harus ada langkah untuk kembali meningkatkan populasi ikan di wilayah DAS Barito dan anak anak sungai yang ada di Mura, termasuk menjaga dan mengawasi segala aktifitas penangkapan ikan dan juga terus menambah budidaya ikan.

“Saya menduga populasi ikan menurun diperairan umum sebagai akibat dari berbagai kegiatan illegal yang merusak lingkungan. Buktinya, penghasilan mencari ikan dengan cara tradisional jauh menurun dari waktu ke waktu” jelas Rusliansyah salah seorang nelayan ikan di Puruk Cahu.

Tentu jelasnya aktifitas pengerusakan lingkungan khususnya pencemaran sungai harus segera dihentikan sebelum ekosistem hewan air tawar menjadi rusak dan tidak bisa dipulihkan kembali. (trs)

Berita Terbaru