Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengadilan Negeri Kuala Kurun Tanda Tangan MoU dengan LBH Mustika Bangsa

  • Oleh Riska Yulyana
  • 26 Januari 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pengadilan Negeri Kuala Kurun gelar penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum Mustika Bangsa  terkait pos bantuan hukum (Posbakum) , Kamis, 26 Januari 2023.

"Tujuan diadakannya penandatanganan perjanjian kerja sama atau MoU ini yakni untuk akses masyarakat tidak mampu jika memerlukan bantuan hukum," ujar Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Bukti Firmansyah, Kamis, 26 Januari 2023.

Bantuan hukum tersebut meliputi mengajukan kuasa, mendampingi, mewakili, membela dan melakukan tindakan hukum lainnya untuk kepentingan hukum penerima bantuan hukum.

"Dengan tujuan, menjamin dan memenuhi hak bagi penerima bantuan hukum untuk mendapatkan akses keadilan, mewujudkan hak konstitusional segala warga negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan didalam hukum," jelasnya.

Selain itu juga untuk menjamin kepastian penyelenggaraan bantuan hukum dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah negara Indonesia, serta mewujudkan peradilan yang efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan.

Firmansyah menjelaskan bahwa bantuan hukum tersebut tidak dipungut biaya bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas yang tidak mampu.

"Selain itu, penandatanganan MoU tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Pengadilan Negeri Kuala Kurun kepada masyarakat Gunung Mas," terang Firmansyah.

Dia menjelaskan, jika ada masyarakat yang ingin menggunakan layanan posbakum, bisa datang langsung ke Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

"Namun lebih baik, sebelum datang, masyarakat bisa menghubungi kami melalui telfon memastikan apakah ada petugas advokat yang sedang bertugas atau tidak. Karena petugas advokat dari LBH Mustika Bangasa bertugas minimal 20 jam dalam sebulan di Pengadilan Negeri Kuala Kurun," jelasnya. 

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Mustika Bangsa Efrayen Punding menyambut baik dengan adanya penandatanganan MoU tersebut.

Berita Terbaru