Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KORMI Katingan Sambut Baik Lomba Katinting di Baun Bango

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Februari 2023 - 08:19 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Katingan Endang Susilawatie menyambut baik digelarnya lomba balab perahu atau lomba katinting di Sungai Katingan, Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Minggu, 12 Februari 2023.

Lomba katinting ini diinisiasi oleh pihak pemerintah Kecamatan Kamipang. Ada sekitar 60 peserta yang mengikuti lomba katinting tersebut, di antaranya sejumlah desa di Katingan, kemudian dari Palangka Raya, Kapuas, sejumlah wilayah di DAS Barito, Seruyan, dan Sampit.

"Kami menyambut baik kegiatan lomba katinting yang dilaksanakan oleh Kecamatan Kamipang, dan di KORMI sendiri yang membidangi olahraga tradisional ini adalah PORTINA (Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia), hadir juga ketuanya, Suparto," kata Ketua KORMI Katingan Endang Susilawatie.

Menurut Endang yang juga menjabat anggota DPRD Katingan ini, lomba katinting di wilayah Katingan sejauh ini baru dilaksanakan pertama kali.

"Setelah kita melihat lomba selama tiga hari ini, ternyata masyarakat sangat antusias menontonnya," katanya.

Endang berharap kepada pemerintah daerah agar kegiatan lomba katinting ini menjadi agenda tahunan ke depannya, tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Kamipang, namun di tempat atau desa maupun kecamatan lainnya yang bersedia menjadi tuan rumah.

Endang mengatakan, masyarakat di Katingan sejauh ini tidak sedikit yang masih menggunakan alat transportasi sungai atau air, sehingga kegiatan semacam lomba katinting dinilai cocok karena sesuai dengan kebiasaan masyarakat susur sungai sehingga muncul ide-ide masyarakat untuk bisa dilaksanakan lomba balap perahu tersebut sekaligus hiburan masyarakat.

"Jadi harapan kami dari KORMI, kami akan selalu mendukung  kegiatan ini melewati PORTINA yang ada di kabupaten, dan mudah-mudahan kedepannya kesiapan kita lebih siap dan bisa mengundang lebih banyak kabupaten atau provinsi lainnya," tambahnya.

Camat Kamipang, Ade Irwan menuturkan latarbelakang dilaksanakan lomba katinting ini mengambil filosofi dari maayarakat yang sebagian besar mata pencahariannya  nelayanan dan kecenderungan mereka menggunakan perahu.

Berita Terbaru