Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Perlu Bangun Pos Pemantau Angkutan Bertonase Lebih

  • 06 Maret 2016 - 17:13 WIB

Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Jhon Krisli meminta pemerintah kabupaten (pemkab) membangun pos pengawasan lalulintas darat di jalur-jalur yang dilalui angkutan bertonase berat. Ini guna mengurangi kerusakan jalan dalam kota.

'Perlu ada pos pengawasan untuk mengawasi angkutan perusahaan dan barang yang bermuatan melebihi kapasitas kemampuan jalan, khususnya yang melewati jalur dalam kota,' kata Jhon, Minggu (6/3/2016).

Jhon mengatakan, selama ini peringatan dan imbauan sudah sering diberikan kepada pengusaha angkutan perusahaan maupun barang agar tidak bermuatan melebihi kapasitas jalan. Namun imbauan itu tidak diindahkan oleh pengusaha, sehingga perlu ada pos-pos pengawasan.

'Nanti kalau sudah ada pos pengawasan, langsung ditempatkan petugas-petugas dari Dishubkominfo (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi). Mereka akan bisa mengawasi langsung di lapangan,' katanya.

Padatnya volume truk Cruide Palm Oil (CPO) dan angkutan barang yang kelebihan muatan melewati jalan dalam kota Sampit menjadi penyebab utama kerusakan jalan di daerah itu, menghambat kelancaran arus lalu lintas di jalur utama tersebut.

Akibat kelebihan muatan, mengakibatkan jalan di daerah itu cepat rusak. Dengan adanya pos tersebut, diharapkan truk pasir lebih tertib. Pos akan berfungsi memantau truk-truk pengangkut barang maupun CPO yang melewati jalur utama seperti Jalan Kapten Muylono, HM Arsyad, dan sering kali melanggar batas maksimal muatan. (RAFIUDIN/m) 

Berita Terbaru