Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TNI dan Masyarakat Gotong Royong Sukseskan TMMD di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Juli 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Aparat TNI dari Kodim 1017 Lamandau berkolaborasi dengan masyarakat untuk menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 117 Tahun 2023 di Lamandau. 

Pada TMMD yang berpusat di Desa Batu Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, aparat TNI dan masyarakat setempat bergotong royong melakukan perbaikan berbagai fasilitas umum yang menjadi target sasaran TMMD, seperti perbaikan jalan dan juga drainase. Puluhan TNI dan masyarakat Batu Hambawang terlihat kompak bahu-membahu melakukan perbaikan jalan dan drainase. 

Sejak TMMD dimulai yakni pada 12 Juli 2023 lalu, masyarakat aktif turun setiap hari membantu TNI dengan sistem bergilir sesuai RT-nya masing-masing, mereka juga membawa bekal peralatan sendiri seperti cangkul, parang maupun sabit. 

"Alhamdulillah masyarakat sini (Desa Batu Hambawang) aktif ikut kegiatan gotong royong, setiap harinya tak kurang dari 35 warga ikut terlibat sesuai jadwal yang telah ditentukan, jadi giliran sesuai RT-nya masing-masing," kata Penjabat (Pj) Kades Batu Hambawang, Ali Maksum, Minggu 16 Juli 2023.

Dia juga menyebut, TMMD dengan sistem kolabirasi dan gotong royong sangat efektif dilakukan, baik TNI maupun masyarakat tercipta rasa kekeluargaan yang sangat erat. Terlebih, kata dia lagi, pada saat gotong royong seringkali diselingi senda gurau yang mampu mencairkan suasana dan dapat menghilangkan rasa capek.

Sementara itu, aparat Kodim 1017 Lamandau Serda Syamsul Hidayat, mengaku jika gotong royong antara masyarakat dan TNI dalam menyukseskan program TMMD sangatlah efektif dilakukan. Selain mampu mempercepat progres pekerjaan, prilaku gotong royong sebagai salahsatu ciri khas bangsa indonesia juga tetap terjaga.

"(Dengan gotong riyong ini) Banyak sekali manfaatnya, progres pekerjaan menjadi cepat, rasa kekeluargaan tercipta, kerukunan terjaga, dan yang pasti rakyat sebagai ibu kandung TNI betul-betul dapat dirasakan manfaat dan keberadaannya," tukas Syamsul Hidayat. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru