Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Unit Ekskavator Diturunkan pada TMMD 2023 di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Juli 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dua unit alat berat jenis ekskavator diturunkan dalam rangka membantu percepatan pengerjaan program fisik pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 117 tahun 2023 di Lamandau.

Pada TMMD yang berpusat Desa Batu Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya, Kodim 1017 Lamandau menurunkan alat berat pada beberapa pengerjaan fisik seperti halnya perbaikan badan jalan sepanjang 6.175 meter, penimbunan badan jalan sepanjang 6.175 meter, pembuatan drainase kanan kiri jalan sepanjang 5.200 meter, pemasangan gorong-gorong dengan bahan bis beton sebanyak 20 buah serta pembersihan dan pengupasan lahan area jalan poros seluas 5.200 meter.

Penggunaan dua unit alat berat itu diawaki langsung oleh tiga prajurut TNI Kodim 1017 Lamandau, mereka adalah Sersan Dua (Serda) Arohmat, Serda Syamsul Hidayat dan Praka Heru Priyatna. Ketiganya mengoperasikan alat berat dengan cara bergantian.

"Sudah empat hari kita gunakan alat berat ini untuk membantu pengerjaan fisik, hasilnya cukup efektif guna mencapai target, " sebut Praka Heru, Minggu 16 Juli 2023.

Ia juga menyebut, selama TMMD dimulai serta sejak alat berat digunakan dan dibantu masyarakat secara gotong royong tidak ditemui kendala yang berarti.

"Kalau kendala yang betul-betul menghambat pekerjaan kami rasa tidak ada ya, paling beberapa hambatan yang lumrah seperti letak galian itu terdapat lintasan pipa PDAM-nya, atau ada kabel listrik PLN yang melintang maka kita tingkatkan kehati-hatiannya, itu saja. Tapi itupun bisa kita lalui karena kita koordinasi dengan petugas PLN maupun PDAM," jelasnya.

Terpisah, Ketua Badan permusyawarat Desa (BPD) Desa Batu Hambawang, Hendra, mengapresiasi kinerja aparat TNI Kodim 1017 pada TMMD yang berlangsung di desanya itu. Menurutnya, prajurit TNI yang pantang menyerah tercermin pada kinerjanya saat bertugas.

"Luar biasa bapak-bapak TNI kita ni, semangatnya luar biasa, gak kenal hujan atau panas, kerja terus. Tak heran jika progres pekerjaan berlangsung cepat, mereka bekerja bergantian dari pagi sampai malam, saya salut dan bangga," ujarnya.

Hendra bahkan berharap jika mental pantang menyerah yang ditunjukkan para prajurit TNI dalam bertugas dapat menular dan dapat diwariskan ke masyarakatnya khususnya kepada kaula muda di Desa Batu Hambawang. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru