Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepsek dan Proktor SMP dari Empat Kecamatan di Kapuas Ikuti Sosialisasi Tentang ANBK

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Agustus 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah kepala sekolah dan proktor/teknisi SMP Negeri dan swasta dari empat kecamatan mengikuti sosialisasi tentang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), bertempat di SMPN 1 Kapuas Timur.

Kepala sekolah dan proktor tingkat SMP se kecamatan itu berasal dari Kecamatan Kapuas Hilir, Kapuas Kuala, Tamban Catur, dan Kapuas Timur.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas yang diwakili Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Donnianto, pengawas Susilo dan Marjuni serta lainnya.

Donnianto menyampaikan terkait pentingnya ANBK ini sebagai penyetaraan jenjang dasar dan menengah.

ANBK bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi yang mana kemampuan menguasai komputer penting sekali guna menunjang program ini. 

"Sehingga sosialisasi ini perlu diadakan, agar nanti dalam pelaksanaan ANBK di sekolah bisa berjalan dengan baik," katanya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Sementara, Kepala SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap, Samsul Bahri menyampaikan jumlah peserta terdiri dari kepala sekolah SMP didampingi Proktor dimana Proktor itu adalah petugas atau orang yang bertanggung jawab dalam mengendalikan teknis pelaksanaan ANBK, yang bisa juga disebut teknisi, 

"Adanya kegiatan sosialisasi ini tentu saja sangat penting mengingat hal ini seperti terkait fungsi kita sebagai tenaga bidang pendidikan," ucap Samsul.

ANBK sendiri merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru