Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sampaikan Terima Kasih saat Bupati Pantau Langsung Operasi Katarak Gratis di RSUD Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 September 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kegembiraan masyarakat Lamandau yang mengikuti program layanan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis tercurahkan kala Bupati Hendra Lesmana didampingi Ketua TP PKK Rusdianti Hendra Lesmana memantau langsung kegiatan yang bertempat di Gedung Baru RSUD Lamandau, Minggu, 3 September 2023.

Masyarakat pendaftar yang sudah memadati area gedung RSUD Lamandau sejak Minggu pagi itu terlihat berebut menyalami bupati dan istri seraya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mengadakan kegiatan tersebut.

“Terima kasih banyak pak Bupati sudah mengadakan kegiatan ini, kami betul-betul senang sekali pak, apalagi programnya gratis. Kalau sengaja berobat sendiri daftar tunggunya biasanya lama, kalau lewat non BPJS sudah pasti mahal juga biayanya,” cetus Apidin sumringah.

Apidin (62) merupakan salah seorang warga dari Desa Sumber Jaya, Kecamatan Menthobi Raya, yang mengaku mengetahui program pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis tersebut dari petugas puskesmas di kecamatannya. “Dapat info kegiatan ini sudah sebulan lalu pak, dari puskesmas, makanya saya daftar lewat puskesmas,” sebut dia lagi.

Tak hanya yang antre di luar gedung RSUD, Bupati dan istri juga memantau dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang sudah antre pemeriksaan di dalam gedung. Tampak masyarakat yang ikut serta dalam program tersebut terdiri dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Pariem (50), warga Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, mengaku senang bisa ikut rogram pemeriksaan mata yang diadakan. Pariem sendiri mengaku punya keluhan di matanya sebelah kanan sehingga penglihatannya terganggu. “Mata saya sebelah kanan ini sudah lama rabun pak, makanya saya ingin periksakan kodisinya, mumpung ada pelayanan gratis dan tempatnya juga dekat di sini (Lamandau),” katanya.

Diketahui, bakti sosial tersebut terselenggra atas inisiasi Bupati Lamamdau Hendra Lesmana yang jauh-jauh hari melakukan komunikasi dengan John Fawcett Foundation (JFF) Bali, lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kemanusiaan, salah satunya kesehatan yang fokus melakukan operasi katarak dan pemeriksaan mata gratis dengan alat pendukung dan petugas kesehatan yang mumpuni.

Hingga hari kedua proses screening, tercatat 1.200 lebih masyarakat Lamandau telah melakukan pendaftaran. Mereka berbondong-bondong datang dari berbagai daerah, tidak hanya masyarakat di perkotaan tetapi juga dari pelosok desa di Kabupaten Lamandau, seperti halnya desa terjauh yakni Desa Jemuat, Kecamatan Batangkawa. Bupati melalui Dinas Kesehatan serta pemerintah Kecamatan dan Desa sudah menyosialisasikan program tersebut jauh-jauh hari.

Alhamdulillah kita bisa kerjasama dengan JFF, hal ini tentu merupakan kesempatan yang berharga. Saya harap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. Melihat animo masyarakat yang luar biasa ini kami juga sangat bangga seraya bersyukur karena programnya betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” kata Bupati Hendra Lesmana, di sela-sela pantauannya.

Diketahui, pada kegiatan ini tidak hanya sebatas pelayanan operasi katarak gratis, namun juga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata dan pemeriksaan kacamata gratis yang dijadwalkan berakhir pada 5 September 2023, mendatang.

 (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru